5 Alasan Seberapa Penting Bergabung di Komunitas untuk Seorang Blogger!

Bisa mengikuti dan menjadi bagian dari peserta open rekrutmen Komunitas One Day One Post (ODOP) bisa dibilang salah satu pencapaian saya tahun ini. Yaps, itu bukanlah hal yang berlebihan untuk dikatakan sebagai pencapaian. Sebab tahun- tahun sebelumnya saya juga ikut serta dalam open rekrutmen Komunitas One Day One Post (ODOP). 

5 Alasan Seberapa Penting Bergabung di Komunitas untuk Seorang Blogger!

Namun selalu saja tidak lulus. Ada yang lulus sampai minggu ke empat, pernah juga hanya mengikuti oprek odop sampai minggu pertama saja. Tentu saja semuanya terjadi karena saya belum konsisten menulis dan masih malas-malasan mengurus blog. Tetapi tidak dengan tahun ini. Sejak 2024 dimulai, saya sudah yakin tahun ini akan berjalan dengan menyenangkan. 

Saya yakin akan banyak pencapaian yang akan saya dapatkan tahun ini. Berbekal keyakinan itu, saya memutuskan untuk mendaftar open rekrutmen Komunitas One Day One Post (ODOP) sekali lagi. Alhamdulillah, meski terseok- seok setiap harinya menulis satu artikel di blog, dengan kualitas artikel yang tidak boleh asal-asalan, belum lagi harus mengurus rumah dan mendampingi anak bermain, akhirnya saya bisa lulus open rekrutmen Komunitas One Day One Post (ODOP) tahun ini. 

Mulanya saya hanya bermimpi lulus saja, ternyata saya juga menjadi salah satu peserta terbaik. Duh, terima kasih ya kakak-kakak panitia. 

Seberapa Penting Bergabung di Komunitas untuk Seorang Blogger

Bagi saya, bergabung di komunitas itu penting sekali untuk blogger. Jika dibandingkan dengan tahun di mana saya menulis blog tetapi tidak bergabung dengan komunitas, hasil dan dampaknya bagi diri saya dan blog saya itu jauh banget. 

Jika dulu sebelum bergabung di komunitas blogger, tulisan saya masih belum begitu enak dibaca. Hingga ketika bergabung dengan komunitas blogger, perlahan tulisan saya membaik, dan saya bisa menulis artikel dengan topik yang belum saya kuasai sebelumnya. Itu semua saya dapatkan dari komunitas blogger. 

Pun begitu dengan kesempatan bekerja sama dengan brand, semenjak saya masuk ke komunitas blogger, saya jadi tahu bagaimana caranya agar dilirik brand. Syukurnya, sampai saya menulis artikel ini, saya masih menerima tawaran kerjasama dengan brand. 

Tentu dampak dari bergabung di komunitas blogger lebih dari itu. Kita akan bisa mendapatkan hal lainnya seperti: 

  • Pertukaran Ilmu dan Pengalaman: Kita akan bertemu dengan banyak blogger dengan berbagai latar belakang dan pengalaman. Dari mereka, kita bisa belajar teknik menulis yang lebih baik, strategi SEO, tips desain blog, dan masih banyak lagi.

  • Networking: Membangun jaringan dengan sesama blogger sangat penting. Kita bisa saling bertukar link, kolaborasi dalam proyek, atau bahkan menemukan peluang bisnis baru.

  • Motivasi: Terkadang, merasa sendiri dan kurang termotivasi adalah hal yang wajar bagi seorang blogger. Namun, dengan bergabung dalam komunitas, kita akan menemukan teman-teman seperjuangan yang bisa saling menyemangati dan memberikan dukungan.

  • Update Informasi:  Komunitas blogger seringkali menjadi tempat pertama untuk mendapatkan informasi terbaru tentang tren blogging, tools baru, atau event-event yang relevan.

  • Promosi Blog: Kita bisa mempromosikan blog kita kepada anggota komunitas lainnya. Ini adalah cara yang efektif untuk meningkatkan trafik dan visibilitas blog.

Bergabung dengan komunitas blogger adalah langkah cerdas sebagai seorang blogger. Komunitas ini layaknya sebuah ekosistem yang saling mendukung dan memberikan manfaat yang sangat besar bagi perkembangan blog kita.

Networking Update Informasi Motivasi Promosi Blog


Bergabung di ODOP Blogger Squat Adalah Impian Saya Ketika Mengikuti Oprec ODOP

Berhubung saya sudah berhasil lulus dan bergabung dengan komunitas One Day One Post, jadi saya bisa mengetahui program yang dimiliki ODOP. Ternyata banyak sekali ya, dan rasanya semua programnya bagus-bagus sekali untuk mengasah kemampuan dan skill menulis. 

Seperti ODOP Blogger Squad salah satunya. Di grup ini, ODOP memberikan fasilitas bagi anggotanya untuk mengenal lebih dekat dan mendalami dunia blogging. Meski sudah banyak platform digital berbasis video, nyatanya blogger masih eksis dan masih banyak yang membutuhkan loh. 

Untuk itu, ODOP Blogger Squad adalah salah satu incaranku. Seperti biasa, jika ingin bergabung dengan suatu komunitas, pertanyaan yang sering muncul adalah seberapa layak kita berada di komunitas tersebut. Sama dengan keinginan saya bergabung di OBS ini, saya juga dihadapkan dengan pertanyaan tentang mengapa saya layak diterima sebagai peserta open rekrutmen ODOP Blogger Squad.

Biasanya, jika di dunia kerja, pertanyaan seperti ini harus dijawab dengan sombong. Namun, bukan sombong yang negatif, ya. Tetapi dengan jawaban sombong yang sesuai dengan realita. Alias tonjolkan lah kelebihan yang dimiliki sejelas-jelasnya untuk menjawab pertanyaan yang satu ini. Berikut jawaban yang akan saya jabarkan:

  • Saya suka belajar dan berbagi ilmu

Meski sudah tidak mengenyam bangku kuliah dan sehari-harinya di rumah bersama anak dan pekerjaan rumah yang tidak ada habisnya itu, saya tetap menyempatkan diri untuk ikut kursus online.

Terkadang kursus menulis, terkadang kursus materi Psikologi. Bahkan saya mengikuti dua kursus sekaligus ketika tengah mengikuti  open rekrutmen ODOP kemarin. Dan saya berhasil menjalankan keduanya dengan baik, juga lulus di open rekrutmen ODOP.

  • Saya orang yang konsisten. Terlebih jika ingin meraih sesuatu.

Bagi saya, apa yang saya miliki dan saya nikmati saat ini adalah berkah hasil konsisten. Saya tidak mungkin bisa menikmati uang hasil nge-blog kalau dulu saya malas dan tidak konsisten membangun blog. Begitu juga dengan mimpi lainnya, saya yakin dengan konsisten pasti akan terwujud.

  • Saya orang yang terbuka dengan kritikan.

Selama kritikan tersebut membangun, saya akan terima. Terlebih kritik tentang tulisan. Mahal banget kan kritikan tentang tulisan itu. Tulisan sebagus apapun tidak akan menjamin lepas dari kritikan. Jadi, jika membangun, saya terima. Kalau sebatas nyinyir begitu, ya cukup diabaikan saja lah.

Saya kira demikian alasan mengapa saya layak diterima sebagai peserta ODOP Blogger Squad. Semoga bisa menjadi sebab diterimanya saya di ODOP Blogger Squad.

Networking Update Informasi Motivasi Promosi Blog

2 Comments

  1. Harus banyak belajar nih perihal konsistensi ke Mbak Annisa. Sharing-sharing tipsnya, dong, Mbak, ke depannya~

    Btw, salam kenal & sampai jumpa di kelas OBS 2024!

    BalasHapus