Waspada Jika Siklus Haid Tidak Normal! Ini 6 Cara Menghentikan Haid Terus Menerus Secara Alami

Haid atau menstruasi adalah siklus alami yang dialami perempuan di setiap bulannya. Bagi kebanyakan perempuan akan mengalami siklus haid yang rutin dengan tanggal yang dapat diprediksi dan dihitung. Namun, ada juga kejadian yang dialami beberapa perempuan berupa siklus haid yang berlangsung lebih lama dari biasanya.

Waspada Jika Siklus Haid Tidak Normal! Ini 6 Cara Menghentikan Haid Terus Menerus Secara Alami
 6 Cara Menghentikan Haid Terus Menerus Secara Alami

Bahkan sampai berminggu-minggu, darah haid tidak kunjung berhenti. Kejadian seperti ini tentu akan menghambat aktivitas dan dapat menimbulkan perasaan cemas dan tidak nyaman. Banyak faktor yang menjadi penyebab haid berkepanjangan seperti efek konsumsi obat-obat tertentu, perubahan hormon dan ovulasi, dan gangguan darah. 

Namun, jika kamu mengalami haid berkepanjangan, jangan panik dulu ya. Ada beberapa cara menghentikan haid terus menerus secara alami. Serta, ada juga minuman untuk memperlancar haid. Tentunya terbuat dari bahan alami yang aman dikonsumsi. 

Cara Menghentikan Haid Terus Menerus Secara Alami


Ketika mengalami masalah kesehatan seperti siklus haid yang tidak normal, cara alami adalah cara pertama yang ditempuh untuk mengupayakan kesehatan. 

Namun, jika haid terus menerus berlangsung lebih dari 10 hari, disertai dengan pendarahan hebat, kram perut yang parah, atau demam, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Sebelumnya, cara alami di bawah ini dapat membantu menghentikan darah haid. 

  • Minum Air Putih yang Cukup: Dehidrasi dapat memperburuk perdarahan haid. Pastikan minum air putih minimal 8 gelas per hari untuk menjaga tubuh terhidrasi dan membantu melancarkan aliran darah.

  • Konsumsi Makanan Sehat: Perbanyak konsumsi makanan kaya zat besi, vitamin C, dan vitamin B6, seperti bayam, brokoli, pisang, dan kacang-kacangan. Nutrisi ini penting untuk membantu produksi sel darah merah dan mengurangi perdarahan.

  • Olahraga Teratur: Olahraga ringan seperti berjalan kaki, yoga, atau berenang dapat membantu melancarkan aliran darah dan meredakan kram perut saat haid.

  • Kompres Hangat: Kompres hangat pada perut bagian bawah dapat membantu meredakan kram dan nyeri haid, serta melancarkan aliran darah.

  • Manajemen Stres: Stres dapat memperburuk perdarahan haid. Lakukan teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga untuk membantu mengelola stres.

  • Istirahat Cukup: Istirahat yang cukup sangat penting untuk membantu tubuh memulihkan diri selama haid. Hindari aktivitas berat dan dapatkan tidur yang cukup.

Minuman untuk Memperlancar Haid yang Terbuat dari Bahan Alami


Selain pola hidup di atas, mengonsumsi minuman untuk memperlancar haid juga dapat membantu melancarkan siklus menstruasi. Empat minuman yang berasal dari bahan alami dan mudah didapatkan di bawah ini bisa menjadi minuman yang dikonsumsi jika haid tidak lancar ataupun siklus haid berantakan. 

  • Teh Jahe: Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan kram perut dan nyeri haid. Seduh teh jahe dengan air hangat dan tambahkan madu secukupnya untuk rasa manis.

  • Air Rebusan Kunyit: Kunyit juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan kram perut dan nyeri haid. Rebus kunyit dengan air dan minum selagi hangat.

  • Jus Seledri: Seledri kaya akan vitamin dan mineral yang dapat membantu melancarkan haid dan meredakan kram perut. Buat jus seledri dengan mencampurkan seledri, air, dan madu secukupnya.

  • Air Kelapa: Air kelapa kaya akan elektrolit yang dapat membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang saat haid. Minum air kelapa secara teratur dapat membantu melancarkan haid dan mencegah dehidrasi.

Kunyit Asam Sido Muncul, Minuman Praktis dan Alami untuk Lancarkan Haid


Waspada Jika Siklus Haid Tidak Normal! Ini 6 Cara Menghentikan Haid Terus Menerus Secara Alami

 Menyeduh dan mengumpulkan bahan-bahan  membuat minuman untuk memperlancar haid seperti di atas bisa saja menjadi ribet dan tidak praktis. Sido Muncul yang merupakan produsen jamu dan obat herbal terkemuka di Indonesia memiliki solusi praktis, aman dan terbuat dari bahan alami untuk membantu melancarkan haid. 

Yaitu dengan mengkonsumsi Kunyit Asam Sido Muncul. Sido Muncul minuman Kunyit Asam merupakan minuman tradisional Indonesia yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan, menyegarkan badan dan juga memperlancar haid. Terbuat dari Kunyit (Curcuma Domestica Rhizoma Extract) dan Asam Jawa (Tamarindus Indica Pulpa Extract), yang dapat diminum dingin ataupun hangat. 

Dalam satu box terdapat lima sachet Kunyit Asam Sido Muncul. Dapat diminum satu hari 1 bungkus ataupun sesuai kebutuhan. Minuman ini tidak direkomendasikan untuk wanita hamil, ya. 

Siklus haid yang tidak teratur dan haid yang berkepanjangan memang mengkhawatirkan dan dapat menimbulkan perasaan yang tidak nyaman. Namun dengan menerapkan gaya hidup dan mengkonsumsi minuman seperti di atas, dapat menjadi langkah pertama untuk menghentikan haid yang berlangsung secara terus menerus secara alami dan mengatasi siklus haid tidak lancar. 

Jika haid tidak kunjung berhenti dan disertai gejala tidak normal, maka jangan ragu untuk konsultasi ke dokter dan memastikan kesehatanmu, ya. 

0 Comments