Skin Minimalism: Rahasia Kulit Cantik dan Sehat Tanpa Menggunakan Banyak Produk

Sudah rajin menggunakan produk skincare namun kulit wajah tidak kunjung membaik. Fenomena ini banyak sekali dialami orang ketika menggunakan skincare. Hal ini sangat bisa terjadi karena produk skincare yang digunakan tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan kulit. Beberapa waktu lalu pernah viral tren menggunakan skincare ala korea dengan menggunakan 10 step aplikasi produk skincare.

Skin Minimalism: Rahasia Kulit Cantik dan Sehat Tanpa Menggunakan Banyak Produk

Jika kamu termasuk salah satu orang yang mengikuti tren ini dan kulit kamu tidak kunjung membaik, kamu harus tahu satu konsep dalam pengaplikasian skincare, yaitu skin minimalis. 

Berangkat dari sebuah tren di sosial media, skin minimalis digadang-gadang ampuh memberikan efek yang signifikan terhadap kondisi kulit wajah.
Apa itu skin minimalism dan bagaimana cara kerjanya di kulit kita? Pastikan kamu membaca artikel ini sampai habis, ya!

Apa Itu Skin Minimalism?

Skin minimalism adalah tren perawatan kulit yang berfokus pada penggunaan produk yang minimal. Tidak hanya berfokus pada pengurangan penggunaan produk skincare, skin minimalism juga berarti menggunakan produk skincare yang benar benar sesuai dengan kebutuhan kulit wajah.

Menurut dermatolog dr. Ika Ayu M.Biomed (AAM),  kulit memang tidak membutuhkan produk skincare yang terlalu banyak. Karena yang paling penting adalah bagaimana kulit mendapatkan asupan dari produk yang dibutuhkannya.Nah, dengan begitu, kita harus lebih selektif lagi, untuk memilih produk yang efektif untuk kulit wajah kita.

Konsep skin minimalism didasari oleh anggapan bahwa kulit dapat melakukan proses peremajaan dan memperbaiki dirinya sendiri. Hanya saja kita terkadang ingin menyelesaikan permasalahan kulit dengan cara yang instan. Ternyata hal ini bisa malah memperburuk keadaan kulit.

Skin Minimalism: Rahasia Kulit Cantik dan Sehat Tanpa Menggunakan Banyak Produk


Cara Menerapkan Skin Minimalis, Merawat Kulit dengan Produk yang Minimal

Untuk menerapkan skin minimalism, kita perlu mengetahui prinsip utamanya terlebih dahulu. Prinsip utama skin minimalism adalah penggunaan produk yang minimal dan sesuai untuk kebutuhan kulit.

Mengetahui Keadaan Kulit
                               
 Hal pertama yang harus kita ketahui adalah kondisi kulit kita saat ini. Setelah mengetahui keadaan kulit, barulah kita memutuskan untuk menggunakan produk skincare sesuai kebutuhan. Kamu bisa menggunakan sabun pembersih wajah, pelembab, tabir surya dan exfoliator.

Bersihkan wajah 2 kali dalam satu hari menggunakan pembersih wajah yang lembut. Juga kenakan pelembab yang sesuai dengan kulit kamu. Lindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung dengan menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30.

Adapun produk skincare tambahan seperti gel jerawat, serum atau anti aging dapat digunakan sesuai kebutuhan. Lakukan perawatan kulit secara konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Menerapkan Gaya Hidup Sehat
                          
Untuk menjadikan proses perawatan kulit semakin maksimal, kita juga harus menerapkan gaya hidup sehat, ya teman-teman. Harus banyak minum air putih agar terus terhidrasi, perbanyak konsumsi buah, sayur dan protein.

Ini berguna untuk menunjang kesehatan kulit dari dalam. Juga harus memiliki tidur yang cukup dan berkualitas. Terakhir, hindari rokok dan minuman yang mengandung alkohol.

Hal ini disebabkan untuk mendapatkan kulit yang sehat, tubuh memerlukan asupan nutrisi, hidrasi, oksigen yang cukup dan terhindar dari paparan zat-zat yang berbahaya. Itulah mengapa gaya hidup sehat sangat mempengaruhi kesehatan kulit kita.

Sebelum menerapkan skin minimalism dalam pengaplikasian skincare, pahami terlebih dahulu kebutuhan kulit. Skin minimalism bukan hanya tentang jumlah produk yang digunakan, namun juga tentang filosofi kulit dapat meremajakan dan menyembuhkan dirinya sendiri. Gunakan produk secukupnya dan konsisten dengan gaya hidup sehat.

Setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda, jadi penting untuk menyesuaikan rutinitas skin minimalism dengan kondisi kulit kamu ya! Jadi, apakah tertarik mencoba skin minimalism?





0 Comments