Cara Menautkan Google Analytics GA 4 ke Blog

Setelah membuat blog dan mengisinya dengan konten-konten tulisan artikel, tugas seorang blogger selanjutnya adalah memantau jumlah pengunjung yang membaca tulisan tersebut. Tulisan yang baik adalah tulisan yang dibaca orang lain. Karena jika hanya dibaca oleh penulisnya saja, maka tulisan itu hanya memberi manfaat kepada penulis saja.



Untuk memantau aktivitas yang terjadi di blog kita, maka penting untuk menghubungkannya dengan Google Analytics. Yuk kita bahas secar tuntas apa itu Google Analytics dan bagaimana cara menghubungkannya dengan blog. Pastikan baca artikel ini sampai selesai, ya!

Google Analytics dan Manfaatnya untuk Blog


Google Analytics adalah sebuah alat analisis web dari Google yang dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalan tentang perilaku pengguna situs web atau aplikasi. Nah, khusus untuk blog, GA4 kini memiliki peran penting seperti:

1. Memahami Perilaku Pengunjung

GA4 mampu melacak setiap langkah pengunjung blog. Mulai dari halaman mana yang pertama kali mereka kunjungi, berapa lama waktu membaca, hingga tindakan apa yang mereka lakukan di halaman tersebut. Misalnya mengklik tautan yang tersemat, atau melakukan pencarian internal.

Kemudian, GA4 juga bisa mengetahui dari mana pengunjung datang. Seperti dari pencarian organik, media sosial, atau dari iklan. Jadi, sebagai blogger kita harus mengoptimalkan strategi pemasaran blog kita. Tidak hanya dapat melihat trafik lalu lintas pengunjung blog, GA4 juga dapat memberi informasi tentang perangkat apa yang pembaca gunakan untuk membaca tulisan di blog kita.

Apakah dari dekstop, tablet, atau ponsel. Sehingga kita bisa menyesuaikan template atau tampilan blog yang agar responsif.

2. Mengukur Kinerja Konten

Dari analisa Google Analytics, kita bisa melihat postingan mana yang memiliki banyak pembaca, berapa lama waktu yang dihabiskan untuk membaca dan berapa banyak interaksi berupa komentar yang dilakukan pembaca. Pemiliki web atau blogger juga dapat melacak kata kunci yang membawa pengunjung ke blog dengan bantuan Google Analytics. Sehingga wajib mengoptimalkan strategi SEO blog kita.

3. Mengoptimalkan Pengalaman Pengguna

GA4 memungkinkan kita untuk mengidentifikasi masalah yang dialami blog. Seperri halaman yang lambat loading nya, atau ada tautan yang rusak. Sehingga dengan cepat kita dapat memperbaiki blog kita. Karena salah satu fitur GA4 adalah mampu memahami minat dan perilaku pembaca blog, kita juga dapat menyajikan konten yang relevan dan menarik.

Fitur Utama GA4 yang Berguna untuk Blog


Adapun fitur utama dari GA4 yang berguna untuk blog adalah sebagai berikut:

Events:  Memungkinkan kita melacak interaksi pengguna yang spesifik, seperti klik tombol, tontonan video, atau pengisian formulir.

Engagement: Mengukur keterlibatan pengguna secara keseluruhan, termasuk waktu yang dihabiskan di situs, jumlah halaman yang dilihat, dan peristiwa yang terjadi.

Conversions: Melacak konversi dan atribusi untuk memahami perjalanan pengguna menuju tujuan yang diinginkan.

Audiences: Membagi pengunjung menjadi segmen-segmen berdasarkan karakteristik tertentu, sehingga kita dapat membuat kampanye pemasaran yang lebih terencana. 

Jadi, singkatnya Google Analytics 4 adalah alat yang sangat berharga bagi pemilik blog untuk memahami audiens, mengukur kinerja konten, dan membuat keputusan yang lebih data-data untuk meningkatkan pertumbuhan blog.


Cara Menghubungkan Google Analytics 4 (GA4) dengan Blog Langkah Demi Langkah


Caranya bisa sedikit berbeda tergantung platform blog yang kamu gunakan (WordPress, Blogger.), namun secara umum langkah-langkahnya mirip.

Langkah-langkah Umum

1. Buat Akun Google Analytics 4

Jika belum punya, buat akun Google Analytics 4. Kamu bisa mengaksesnya melalui [URL yang tidak valid dihapus]. Ikuti petunjuk untuk membuat properti baru dan data stream. Pastikan kami memilih jenis data stream web.

2. Dapatkan Kode Tracking GA4

Setelah membuat data stream, kamu akan mendapatkan kode tracking GA4 yang unik. Kode ini terdiri dari huruf dan angka yang diawali dengan G-.

3. Tambahkan Kode Tracking ke Blog

Cara termudah: Jika platform blog yang kamu gunakan mendukung, kamu bisa langsung menambahkan kode tracking GA4 di bagian pengaturan atau integrasi. Cari opsi yang berhubungan dengan Google Analytics atau kode tracking.
   
Cara manual: Jika tidak ada opsi otomatis, kamu bisa menambahkan kode tracking secara manual ke dalam kode HTML blog. Biasanya, kode ini ditempatkan di bagian `<head>` dari halaman HTML.

4. Verifikasi Pemasangan

Setelah menambahkan kode, pastikan kode tracking sudah terpasang dengan benar. Kamu bisa menggunakan alat debug yang disediakan oleh Google Analytics atau plugin pihak ketiga untuk memverifikasi.

Contoh Langkah-langkah untuk Blogspot

1. Buat akun GA4 dan dapatkan kode tracking.

2. Login ke Blogger dan ilih blog yang ingin dihubungkan.

3. Pergi ke Setelan. Temukan di menu samping, klik Setelan.

4. Cari Pengukuran Google Analytics. Kamu bisa menemukannya di bagian "Dasar", cari opsi "Pengukuran Google Analytics".

5. Masukkan Kode Tracking dengan menempelkan kode tracking GA4 yang Anda dapatkan di langkah 2.

6. Simpan

Saya juga akan menyertakan referensi artikel yang membahas tata cara lengkap memasang Google Analytics ke blog. Teman-teman bisa mencari tambahan informasi dari artikel tersebut. Meski terlihat sedikit sulit, namum memasang Google Analytics itu sangat penting, ya. Jangan harap bersabar dan jangan menyerah. 








1 Comments

  1. Ya, Kak, memasang GA4 sebetulnya tidak sesulit yang dibayangkan :)

    Vita mamanesia.com

    BalasHapus