Begini Cara Gen Z Melek Investasi Reksadana Pendapatan Tetap

Begini Cara Gen Z Melek Investasi Reksadana Pendapatan Tetap

Sudah saatnya semua jenis investasi, termasuk investasi Reksadana Pendapatan Tetap diketahui dan dipelajari oleh berbagai generasi, termasuk Generasi Z (Gen Z). Berbagai tips dan cara wajib dikuasai agar dapat melek investasi dan mencapai kondisi finansial pribadi yang lebih baik.

Hal ini dikarenakan berinvestasi merupakan salah satu cara antisipasi untuk mencegah terjadinya berbagai masalah finansial sedari dini. Pada artikel kali ini, Anda akan mendapatkan pengetahuan agar lebih melek investasi, khususnya investasi Reksadana. Simak ulasannya sampai akhir!

6 Cara agar Gen Z Melek Investasi Reksadana Pendapatan Tetap!


Generasi Z (Gen Z) adalah individu yang lahir antara tahun 1997-2012, yang mana saat ini mereka sudah menginjak usia 18 tahun ke atas. Menariknya, Gen Z ini tak boleh diremehkan terkait ketertarikannya dengan investasi.

Karena tumbuh bersama teknologi dan akses informasi yang melimpah, tak heran jika banyak Gen Z yang menunjukkan minat besar terhadap dunia investasi. Agar tidak tersesat, sebaiknya Gen Z tahu cara agar melek investasi, khususnya investasi Reksadana di bawah ini:

  • Riset Berbagai Jenis Investasi

Pertama-tama, lakukan riset untuk menentukan jenis investasi apa yang cocok untuk Anda. Untuk aspek satu ini, Anda dapat bertanya dengan teman, kerabat, ataupun akses langsung ke berbagai perusahaan yang menyediakan produk investasi.

Tujuannya, agar Anda memilih instrumen investasi yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan. Selain itu, agar Anda lebih banyak wawasan tentang investasi yang akan menguntungkan di masa depan.

  • Mulai Sejak Dini

Melek investasi sejak dini akan memberikan keuntungan bagi Anda, salah satunya yaitu dapat mengatur keuangan secara bijak.
Anda juga dapat belajar komitmen dan konsisten dalam mengatur keuangan untuk investasi.

Tidak perlu tunggu punya uang banyak untuk berinvestasi. Anda hanya perlu memilih produk investasi yang harganya terjangkau, namun memiliki keuntungan yang sesuai bagi Anda.

  • Persiapkan Alokasi Dana

Ketika mempersiapkan diri untuk melek investasi, artinya Anda juga wajib mempersiapkan alokasi dana untuk berinvestasi. Mengatur dana untuk berinvestasi adalah kegiatan yang gampang-gampang susah, karena kuncinya adalah komitmen dan ketelitian.

Anda dapat memilih instrumen investasi yang mudah dan terjangkau. Salah satu instrumen investasi yang dipilih adalah produk Reksadana. Pastikan juga Anda selalu mengalokasikan dana untuk berinvestasi setiap bulannya.

Begini Cara Gen Z Melek Investasi Reksadana Pendapatan Tetap


  • Pilih Instrumen Investasi Tepat

Cara ketiga agar Gen Z lebih melek dan lebih untung dalam berinvestasi adalah dengan tepat memilih instrumen investasi. Anda dapat memilih instrumen investasi sesuai dengan jenis dan jangka waktu, serta tentunya menghasilkan keuntungan yang banyak.

Agar lebih detail, Anda bukan hanya mengenal produk investasi, tetapi juga harus memahami fitur, manfaat, dan risiko investasi. Jangan lupa juga untuk mengetahui mekanisme serta hak dan kewajiban Anda sebagai investor.

Bijak dan teliti sebelum memilih instrumen investasi dapat membuat Anda lebih untung dalam berinvestasi. Misalnya, sebelum memilih instrumen investasi, sebaiknya Anda mengecek legalitas produk tersebut terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) atau tidak.

  • Siapkan Diri dengan Risiko

Investasi tidak hanya membahas tentang keuntungan. Saat Anda berinvestasi, artinya siap untuk menanggung risiko. Hal ini dikarenakan tidak selamanya berinvestasi itu menguntungkan. Fluktuasi di dalam pasar uang tidak selalu dalam keadaan naik terus-menerus, tapi juga ada saatnya mengalami penurunan dan memungkinkan Anda tidak mendapatkan keuntungan sesuai dengan ekspektasi awal.

Maka dari itu, ketika berinvestasi, Anda juga wajib siap dengan risiko apapun. Walaupun di awal tentu sudah dijelaskan oleh penyedia produk investasi, ada kalanya Anda harus mempersiapkan diri dengan terus up to date terhadap perkembangan pasar uang.

  • Pilih Jangka Waktu Investasi

Terakhir, pilih jangka waktu investasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Salah satu instrumen investasi, yaitu Reksadana, memiliki variasi jangka waktu yang menyesuaikan investor.

Contohnya, investasi Reksadana Pendapatan Tetap yang memiliki jangka waktu antara 1-3 tahun. Investasi ini cocok untuk para Gen Z yang memiliki sifat dinamis dan cenderung ingin mencoba hal-hal baru lainnya.

Dengan produk investasi Reksadana, Anda jadi lebih melek dengan berbagai jenis produk investasi beserta keuntungan dan risikonya. Anda juga bisa memenuhi tujuan berinvestasi tanpa harus berkomitmen terlalu lama dengan metode investasi yang konvensional.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Gen Z merupakan generasi yang banyak menaruh minat pada produk-produk investasi. Maka dari itu, penting rasanya untuk memberikan pengetahuan tentang investasi agar lebih melek investasi.

Ketika memilih produk investasi, seperti salah satu contohnya adalah produk Reksadana, penting untuk memerhatikan berbagai aspek. Misalnya, aspek jangka waktu, keuntungan, risiko dan mekanismenya. Untungnya, jika Anda memilih produk investasi Reksadana dengan perbankan prioritas DBS Treasures, banyak sekali keuntungan yang akan didapat.

Pertama, Anda akan mendapatkan wawasan dan panduan berinvestasi. Kedua, adanya minimalisasi risiko dengan diversifikasi. Ketiga, investasi Anda berada pada tangan yang tepat, karena Manajer Investasi yang bermitra dengan DBS Treasures bekerja secara profesional.

Keuntungan lainnya adalah kemudahan jual, beli dan switching investasi dengan Aplikasi digibank by DBS. Kegiatan investasi Anda jadi lebih fleksibel karena dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun.

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Jadi, untuk para Gen Z, sudah saatnya melek investasi dan tingkatkan keuntungan finansial Anda dengan investasi Reksadana Pendapatan Tetap DBS Treasures. Untuk informasi lebih lanjut, klik di sini!

0 Comments