Mengambil Jeda dengan Berkebun dan Merangkai Bunga

 Halo halo haloo teman-teman.

Udah lama nggak update cerita hidup di blog. Kalian lagi sibuk apa nih? Kalau aku ya seperti biasa, kesibukannya itu-itu aja. Belakangan aku mulai mencari kegiatan seru yang bisa bikin bahagia, meski rutinitas ku ya seputar menulis, rumah dan anak. Seperti dua minggu kemarin, aku mengawali hari Minggu dengan merangkai bunga Matahari.

Mengambil Jeda dengan Berkebun dan Merangkai Bunga



Jadi, aku ikut kegiatannya We Love Youth, kalau teman-teman yang ada di Jogja pasti tahu nih komunitas yang menyediakan ruang aman. Bermula dari aku yang tetiba ingin rutin Yoga, lalu mencari kira-kira di Jogja ini, kelas Yoga mana yang bisa mempertemukan ku dengan teman-teman perempuan lainnya. 

Setelah mencari-cari di Instagram, eh bertemu lah dengan akun Instagram We Love Youth. Aku kepoin deh itu Instagram mereka. Ternyata mereka membuka cafe dan ada perpustakaannya gitu. Juga ada kubah bambu di lantai atas yang biasa digunakan untuk acara yoga dan meditasi.

Bak gayung bersambut, acara-acara di We Love Youth itu sesuai dengan apa yang aku cari-cari banget. Ditambah lagi lokasinya yang cuma 10 menitan dari rumah. Aku tentu jadi sering main ke sana. Nah, waktu main ke cafe We Love Youth, aku sempat ngobrol dengan Mbak-mbak pengelola acara di We Love Youth, nah si Mbak bilang kalau akan ada acara merangkai bunga sambil berkebun di Bon Peken. Nama acaranya Minggon di Bon Peken.

Aku langsung tertarik dong. Kebetulan nya lagi, lokasi Bon Peken ini cuma 3 menit dari rumah. Sekumpulan kebetulan yang berasal dari keinginan dan keresahan ini lah yang ku ikuti untuk lebih memberdayakan diri. Aku pernah baca buku, kalau nggak salah sih ini kata-kata dari KH Agus Salim.

Kita akan dipertemukan dengan apa-apa yang kita cari

Tidak Ada yang Salah dengan Rutinitas yang Itu-itu Saja

Sebelumnya aku pernah berpikir kegiatan yang itu-itu saja, maksudnya kegiatan yang monoton setiap harinya itu bisa membuat stres. Namun, setelah ku renungkan, rasanya semua orang itu menjalankan kegiatan yang itu-itu saja setiap harinya. Yang bekerja ya setiap hari mengulang rute dari rumah ke kantor, pun yang di rumah setiap hari mengulang pekerjaan yang sama.

Hanya saja cara orang untuk memelihara semangat dan kesehatan jiwanya yang berbeda-beda. Sebagian ada yang mencari kegiatan yang menyegarkan di sela rutinitas mereka. Sebagian lagi masih ada yang salah kaprah dengan rutinitas yang berulang itu, seperti aku kemarin.

Kalau kamu sempat memiliki pemikiran yang sama dengan aku yang kemarin, saran ku, segera cari kegiatan yang bisa membuat kamu senang, bersemangat dan bergairah lagi untuk menghadapi hari-hari ke depannya. Di mana hari-hari itu tidak ada yang pasti, maka kita harus memastikan kita bahagia menjalaninya. 

Mengambil Jeda dengan Berkebun dan Merangkai Bunga


Minggon di Bon Peken


Seperti yang sudah ku sebutkan di atas, sekitar dua minggu lalu aku mengikuti semacam workshop yang bertajuk Minggon di Bon Peken. Acara ini diadakan oleh komunitas We Love Youth dan Bon Peken. Bon Peken adalah kebun dan pekan yang di mana kita juga bisa membeli bibit tanaman dari koleksi tanaman yang ada di Bon Peken.

Kegiatannya macam-macam ya. Terkadang ada sesi berkebun dan yoga nidra, ada juga ngeliwet bareng dari hasil kebun, juga merangkai bunga. Konsepnya adalah from garden to table, jadi kita akan meramban bersama-sama sayuran yang akan kita masak nantinya.

Kali ini, sesinya adalah merangkai bunga matahari. Sedari jam tujuh pagi para peserta sudah berkumpul. Masing-masing memilih bunga matahari yang nanti akan dipetik bersama. Setelah memilih bunga matahari, mulai lah sesi meramban sayuran. Ada daun singkong, daun kates, daun kenikir, daun buas-buas dan ragam dedaunan yang lain. 

Kegiatan hari itu cukup memberikan inspirasi untukku. Aku yang gemar makan sayur ini, tetiba teringin memiliki kebun yang bisa ditanami dengan berbagai jenis bunga dan sayuran. Rasanya beda sekali antara sayur yang langsung dipetik dari kebun dengan yang biasanya aku beli.

Setelah dirasa sayuran cukup, maka kami berkumpul untuk briefing meramban bunga. Kami diperbolehkan meramban semua jenis bunga yang sedang mekar di Bon Peken. Ramban secukupnya lalu sama-sama dirangkai menjadi sebuah bouqet bunga yang indah.

Hari itu aku turut serta membawa Shanum. Karena Shanum lagi senang-senangnya mengenal jenis bunga dan warna. Tentu dia senang sekali berlarian, main tanah dan meramban bunga sendiri. 
















Ide Kegiatan Akhir Pekan yang Menenangkan


Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk melakukan jeda dari kegiatan rutinitas kita. Pilih kegiatan sesuai yang kamu suka, sadar dan hadir di setiap kegiatan yang kamu pilih, lalu bersenang-senang lah. Berikut ini adalah rekomendasi kegiatan yang bisa kamu lakukan di akhir pekan. 

Untuk kamu yang suka ketenangan, bisa mencoba beberapa aktivitas ini,

Meditasi atau yoga: Luangkan waktu untuk menenangkan pikiran dan tubuh dengan bermeditasi atau melakukan gerakan yoga sederhana.

Membaca buku: Cari sudut yang tenang, siapkan secangkir teh hangat, dan nikmati buku favoritmu.

Menulis jurnal: Tuliskan pikiran dan perasaanmu dalam sebuah jurnal. Ini bisa menjadi cara yang baik untuk melepaskan stres.

Mendengarkan musik: Buat playlist lagu-lagu yang menenangkan dan nikmati alunannya sambil bersantai.

Mandi air hangat: Tambahkan beberapa tetes minyak esensial untuk menciptakan suasana yang lebih rileks.

Untuk kamu yang suka kegiatan aktif pasti seru menghabiskan akhir pekan dengan kegiatan di bawah ini,

Berjalan-jalan di alam: Nikmati keindahan alam sekitar dengan berjalan-jalan di taman, hutan, atau pantai.

Bersepeda: Jelajahi kota atau pedesaan dengan sepeda.

Berenang: Berenang adalah cara yang menyegarkan untuk berolahraga dan bersantai.

Berkebun: Tanam tanaman hias atau sayuran di halaman belakang rumah.

Olahraga ringan: Lakukan olahraga ringan seperti jogging, peregangan, atau pilates.

Untuk yang suka bersosialisasi, bisa banget seru-seruan bersama sahabat lewat kegiatan di bawah ini,

Ngobrol dengan teman: Ajak teman terdekat untuk ngobrol santai di kafe atau rumah.

Nonton film bareng: Pilih film yang menarik dan nikmati bersama teman atau keluarga.

Masak bersama: Ajak pasangan atau teman untuk memasak makanan favorit bersama.

Bermain game: Mainkan game bersama teman-teman untuk menghilangkan penat.

Untuk kamu yang suka eksplorasi, coba deh kegiatan ini,

Kunjungi museum atau galeri seni: Pelajari hal-hal baru dan nikmati karya seni.

Ikuti workshop: Pelajari keterampilan baru seperti melukis, membuat kerajinan tangan, atau memasak.

Liburan singkat: Jika memungkinkan, lakukan liburan singkat ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi.

Memberikan jeda sebentar dari rutinitas harian rasanya sudah menjadi kewajiban agar tetap bisa waras dan produktif. Jeda tersebut dapat diisi dengan kegiatan yang bermanfaat dan bukan hanya sekadar scroll sosia media. Sebab, ketika senggang dan berselancar di sosial media tanpa tujuan, seringnya membuat waktu terbuang sia-sia. Tentu ini bukan hal yang mudah untuk dijalankan, tapi hanya sebagai pengingat agar pikiran penuh dengan hal-hal yang memberdayakan. 

0 Comments